Hello Kitty (ハローキティ Harōkiti) adalah nama untuk sebuah karakter yang didesain oleh perusahaan Jepang, Sanrio. Hello Kitty yang memiliki nama
lengkap Kitty White adalah personifikasi dari kucing berwarna putih dengan ciri khas
pita atau hiasan lainnya di daun telinga sebelah kiri dan mulut yang tidak
digambar.Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974.
Hak cipta Hello Kitty didaftarkan pada
tahun 1976 dan sekarang merupakan merek dagang di seluruh dunia. Pada waktu
pertama kali diperkenalkan, target utama pemasaran Hello Kitty adalah anak
perempuan, tapi sekarang penggemar Hello Kitty terdiri dari wanita maupun pria
dari berbagai kalangan usia.
Di Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra.
Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60 negara
di seluruh dunia. Karakter Hello Kitty sudah merupakan subkultur yang mewakili budaya Jepang.
Sejarah
Hello
Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada
tahun 1974 yang merupakan
tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru
dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty
pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan
harga 240 yen. Perusahaan Sanrio
bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat
sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang
kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian
dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter
dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama.
Pada dompet Puchi Purse yang merupakan
produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan
"Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White
sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan
memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang
tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the
Looking-Glass) oleh Lewis Carroll.
Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya
tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru ditambahkan di
kemudian hari.
Pada
produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan
berdiri.
Pada
tahun 1996, Hello Kitty kembali
menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah
pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai
penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di
Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun
1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua
digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang
posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui
setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan
juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka
penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian
mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah
dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga
Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media
massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah
mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada
tahun 2004, Kitty menjabat
sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty
juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America
Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di
Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat
beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan
Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan
untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah
terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar
berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan
kepada Hello Kitty.
http://id.wikipedia.org/wiki/Hello_Kitty
astaga eka, pcinta hello kitty btul. hehehe,
ReplyDelete:)
Delete